Penghormatan Terakhir

Layar tertutup sudah. Puluhan karangan bunga di depan rumah menunjukkan kiprah dan rekam jejakmu yang tidak main-main di dunia ini. Ratusan pelayat datang silih berganti, mereka semua menangis, mereka semua ikut men-shalatkan, mereka semua ikut mengantar ke peristirahatanmu yang terakhir, menunjukkan betapa semasa hidup dirimu begitu dicintai.
Aku mengenangmu sebagai sosok yang tegas dan disiplin, tapi juga penuh kasih sayang. Sosok yang siap memarahiku kapan saja, tapi juga siap menemaniku kapan saja. Di antara kesibukanmu dalam pengabdian pada negara, dirimu tidak pernah lupa bahwa seorang ibu tetaplah seorang ibu, yang tidak pernah absen berdoa untuk anak-anaknya. Dengan suara rendah tertahan di setiap malam sepanjang hidupmu, doamu selalu melindungi kami.
Ibu, adalah sosok yang tak terbayangkan. Saat dirimu mampu menggenggam segalanya, memeluk kami, anak-anakmu, di pihak lain juga sangat membanggakan. Amanah memegang jabatan, membuatmu begitu dicintai, sekaligus juga banyak yang kecewa ketika dirimu dengan tegas menolak apa-apa yang tidak sesuai nurani.
Kritikmu kadang mengecewakan, tapi selalu membanggakanku di hadapan orang lain. Ibu, membuktikan tiada kekuatan dan pertolongan selain dari ALLAH SWT.  Membimbingku saat membutuhkan, menemani perjalananku menjadi seorang perempuan dan juga seorang ibu.  Itulah ibuku.
Tiada kata yang mampu melukiskanmu. Perempuan terhebat yang aku tahu. Ibu meninggalkanku dengan segala yang lebih dari yang aku butuhkan. Bahwa tidak ada cara untuk menjadi lebih kuat selain jadilah lebih kuat.
Dengan penghormatan terakhir, aku memelukmu, membersihkan tubuhmu, perempuan yang telah menghadirkanku ke dunia. Terima kasih untuk setiap kesempatan indah yang Ibu berikan, kesempatanku melihat dunia dan meninggalkan jejakku di mana-mana.
Aku mencintaimu, Ibu dan akan selalu begitu. Maafkan aku belum mampu menjadi sepertimu.
Air Haji, 28 Juli 2013
In memoriam of my beloved mother : Dra. Hj. Asnidar Agus, M. Pd
16 Februari 1951 – 25 Juli 2013
Dari Ayah, Anita dan Ade…We’re missing you, always
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s